Lihat Semua Berita

CEGAH HIV AIDS DI KOTA TEPIAN AIR “KOTA BIMA”
30 March 2016



Pada awal tahun 2016 ini Dinas Kesehatan Kota Bima secara aktif dan terus menerus melakukan kegiatan sosialisasi dan penyuluhan HIV AIDS di Seluruh wilyah di Kota Bima karena rentanya penularan kasus HIV AIDS mengingat Kota Bima termasuk salah satu Kota yang memiliki mobilitas tinggi dan wilyah transit para wisatawan baik lokal maupun mancanegara dengan berbagai kepentingan.
 
 AIDS diidentifikasi sebagai penyakit baru pada tahun  1981. Human immunodeficiency virus (HIV) ditemukan oleh Luc Montagnier dan Robert Gallo. AIDS disebabkan oleh HIV. HIV diyakini berasal di Afrika antara akhir 1940-an dan awal 1950-an. HIV AIDS merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Perlu dilakukan penyuluhan secara berkala mengenai edukasi tentang bahaya HIV AIDS. Masa remaja adalah masa dimana manusia lebih mudah untuk dipengaruhi oleh lingkungan karena emosi seseorang masih labil di fase ini. oleh karena itu, perlu dilakukan sosialisasi tentang HIV AIDS kepada masyarakat khususnya para remaja sebelum virus HIV AIDS merenggut masa depan mereka. Jumlah penderita HIV AIDS terus meningkat dikarenakan kurangnya pemahaman masyarakat terhadap bahaya HIV AIDS ini. Pada umumnya virus HIV AIDS sangat berbahaya karena : Tidak ada obat, sangat berpotensi menyebabkan kematian, dapat menyerang bayi dan remaja, berpotensi menyebabkan trauma bahkan bunuh diri bagi penderita.
 
 Total kejadian HIV AIDS Kota Bima sejak tahun 2009 s/d maret 2016 sebanyak 33 penderita, dengan HIV sebanyak 16 orang dan AIDS 17 orang. Kejadian kasus HIV AIDS di Kota Bima mulai ditemukan pada tahun 2009 sebanyak 2 kasus HIV AIDS (Semua Meninggal), Tahun 2010 terdapat 3 kasus HIV AIDS (1 Meninggal), Tahun 2011 terdapat 5 kasus   (4 meninggal) , tahun 2012 terdapat 10 kasus (4 meninggal) ,Tahun 2013 terdapat 2 kasus, tahun 2014 terdapat 3 kasus, tahun 2015 terdapat 7 kasus dan sampai dengan bulan maret tahun 2016 terdapat 1 kasus (meninggal). Dari 8 tahun terakhir rata-rata  penderita adalah Kaum Pria dan Umur Reproduktif (yakni Antara Umur  15-45 tahun).
 
 Berbagi upaya dilakukan oleh Pemerintah Kota Bima khususnya Dinas Kesehatan Bidang P2P dalam upaya mencegah dan menagulangi HIV AIDS di Kota Bima diantaranya : Pelacakan kasus HIV AIDS, sosialisai HIV AIDS tingkat kecamatan dan kelurahan, melakukan Sero Survey HIV AIDS, melakukan koordinasi dengan KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) yang ada dibagian Kesra Kota Bima,  Dinas Kesehatan Kota Bima Bidang P2P telah membentuk tim VCT (Voluntary Conseling and Test) yang ada di  Puskesmas Penanae (Terdapat dua konselor dan admin yang terlatih). HIV AIDS merupakan tanggung jawab kita bersama,…***
 
 Sumber : P2P Dikes Kota Bima (Asriyadin&Wanti)
 Editor : PPID Dikes Kota Bima 2016 

Dibaca 38



Berita Terpopuler